Mitsubishi Outlander PHEV, Review, dan Spesifikasi Maret 2020

 

outlander phev-2

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis dua mobil baru, Compact SUV Eclipse Cross dan Mitsubishi Outlander PHEV. (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Acara peluncuran ini diadakan Selasa (9/7/2019) malam. Namun, peluncuran resmi dari keduanya dilakukan di gelaran GIIAS yang dilaksanakan 18 Juli 2019.

Cukup menarik untuk Mitsubishi Outlander PHEV. Pasalnya ini menjadi mobil pertama Mitsubishi untuk model Hybrid. Tentunya langkah peluncuran tersebut patut diapresiasi, karena ragam model mobil Hybrid semakin banyak. Tercatat hanya Toyota yang mempunyai daftar model mobil Hybrid terbanyak di Indonesia, di antaranya Camry, C-HR, dan Alphard.

Kondisi demikian juga semakin menguatkan bahwa banyak pabrikan otomotif yang mendukung program pemerintah terkait mobil ramah lingkungan. Bukan tidak mungkin juga, pabrikan-pabrikan ini akan meluncurkan mobil listrik. Di antaranya bahkan sudah memamerkan konsep mobil listriknya ke publik di pameran otomotif yang diselenggarakan, semisal GIIAS dan IIMS.

Terkait mobil ramah lingkungan seperti Mitsubishi Outlander PHEV ini, pemerintah Indonesia masih terus berjuang untuk membuat regulasinya. Peraturan yang dirancang Kemenperin tersebut cukup penting untuk membuat industri otomotif semakin tumbuh terutama untuk segmen mobil listrik dan hybrid.

Jika melihat mobil Hybrid yang sudah beredar di Indonesia, biasanya harga jualnnya sangat mahal. Sebagai contoh adalah Toyota C-HR konvensional tipe single tone dibanderol Rp493.350.000, sedangkan versi hybridnya dengan harga Rp523.350.000.

Jika melihat perbedaan harga mobil konvensional dengan hybrid dari Toyota C-HR tersebut, bisa saja harga Mitsubishi Outlander PHEV sangat mahal. Namun, apakah benar harga Mitsubishi Outlander PHEV demikian? Tentunya tidak hanya besaran harga Mitsubishi Outlander PHEV yang menjadi persoalanan, tetapi juga apa saja yang ditawarkan SUV hybrid ini untuk konsumen?

Untuk mengetahui kesemuanya, simak review dan banderol harga Mitsubishi Outlander PHEV berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Outlander PHEV

Diluncurkan secara resmi di GIIAS 2019, Mitsubishi Outlander PHEV bakal menjadi daya tarik pabrikan satu ini di acara tersebut. Pasalnya ini menjadi SUV plug-in hybrid yang akan menyaingi Toyota yang sebelumnya sudah meluncurkan C-HR hybrid.

Jika soal harga Mitsubishi Outlander PHEV, kelihatannya akan cukup mahal. Namun, apabila melihat eksteriornya apa sebanding? Soal desain seperti ini tergantung selera konsumen, yang pasti mobil ini sudah didesain dengan DNA Mitsubishi.

Desain dynamic shiled sudah disematkan di bagian depan Mitsubishi Outlander PHEV. Desain tersebut bahkan hampir mirip dengan saudaranya Eclipse Cross. Jika menengok ke bagian belakang dan samping, kedua mobil ini memang cukup mirip.

Interior Mitsubishi Outlander PHEV

Jika pada bagian luar Mitsubishi Outlander PHEV mirip dengan saudaranya, Eclipse Cross, apakah bagian dalam atau interior juga demikian?

Kemungkinan besar iya dan bahkan akan lebih mewah. Jika melihat besaran harga Mitsubishi Outlander Sport, bisa dipastikan interior yang ada cukup mewah dan ditunjang dengan teknologi modern.

Jika berkaca dengan Mitsubishi Outlander PHEV di Inggris, maka interior yang ditawarkan sangat mewah. Dipastikan penumpang dari mobil ini tidak akan merasa kesempitan. Karena untuk area kaki dan kepala cukup lega untuk orang dewasa. Ditambah lagi kursi dari mobil ini juga sangat nyaman.

Sedangkan untuk entertainment, ketika Otolovers menebus harga Mitsubishi Outlander PHEV, nantinya akan mendapatkan sistem audio yang bisa diintegrasikan dengan perangkat android Otolovers. Selain itu, juga ada fitur Apple CarPlay juga.

Mesin Mitsubishi Outlander PHEV

Sebuah kendaraan, termasuk model hybrid, mesin menjadi tumpuan utama. Tangguh tidaknya sebuah mobil tergantung dari bagian tersebut. Lalu bagaimana dengan spesifikasi dari mesin dengan harga Mitsubishi Outlander PHEV yang mahal ini? Perlu diketahui Mitsubishi Outlander PHEV dibekali dengan mesin berteknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan antara mesin bensin 2.4L dan juga baterai.

Teknologi yang digunakan pada Mitsubishi Outlander PHEV ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Hal utama yang menjadi andalan pada teknologi ini yaitu sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Menebus harga Mitsubishi Outlander PHEV, Otolovers akan disuguhkan 3 mode pengendaraan, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Sementara Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin bensin 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak. Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan tenaga ekstra.

Dengan harga Mitsubishi Outlander PHEV yang cukup mahal, fitur tadi memang pantas tersemat. Apalagi, mobil ini dilengkapi dengan teknologi listrik yang terintegrasi. Dengan instalasi khusus, kendaraan ini dapat diisi ulang dengan tenaga listrik yang tersedia di rumah para pengguna.

Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, namun kendaraan ini juga dapat menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya.

Keamanan Mitsubishi Outlander PHEV

Saat ini di Indonesia, mobil Hybrid dipandang sebagai mobil mewah. Hal ini berkaca pada harga mobil-mobil Hybrid yang sudah meluncur duluan dibanding Mitsubishi Outlander PHEV, seperti Toyota Camry dan C-HR.

Sebagai mobil yang memiliki harga tinggi, pastinya fitur keamanan yang dibawa cukup banyak. Dengan harga Mitsubishi Outlander PHEV yang mahal, dibekali dengan System Super All Wheel Control (S-AWC). Berguna untuk membuat mobil satu ini aman saat melintas di berbagai medan.

Tidak hanya itu, dengan menebus harga Mitsubishi Outlander PHEV, Otolovers akan mendapatkan kendaraan yang menggunakan bodi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced driver-assistant system (ADAS). Sistem ini terdiri dari 7 (tujuh) SRS airbags, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation system) dan BSW (Blind Spot Warning).

Share and like us:
edywiretno13@mitsubishi-semarang.com
https://twitter.com/edyGOBLIN
Visit Us
Follow Me
YOUTUBE
YOUTUBE
INSTAGRAM