New Triton Tangguh Mendaki Ke Kaki Gunung Rinjani

untuk spesifikasi Mitsubishi All New Pajero Sport silahkan Download brosur di bawah ini :
Download-Button

Tampilan baru New Triton yang kini lebih modern berkat aksen Dynamic Shield ternyata juga didukung oleh kemampuannya untuk menjelajah ke manapun. Dalam perjalanan Bersama New Triton varian Ultimate AT kali ini, Mitsubishi Motors mengujinya berkeliling Pulau Lombok.

Destinasi awal adalah lokasi yang nantinya akan dijadikan sirkuit MotoGP yaitu kawasan Kuta Mandalika. Perjalanan menuju ke sini dari Bandara Udara Lombok di Praya melalui rute jalan raya yang lengang kemudian jalurnya berubah menjadi jalan berbukit yang cukup sempit, sehingga dapat menguji kemampuan New Triton baik di jalan perkotaan maupun di jalur berbukit yang memiliki banyak tikungan.

Tampilan baru New Triton yang lebih tangguh membuat banyak orang yang melirik saat melintasi wilayah kota. New Triton merupakan model double cabin terbaru Mitsubishi Motors yang dikembangkan dengan konsep “Engineered Beyond Tough”. Mendapatkan perubahan dan pengembangan besar baik dari sisi desain, performa pengendaraan, serta kemampuan pintar yang dikombinasikan dengan kenyamanan sebuah mobil. Ketangguhan New Triton mulai terlihat dari sisi eksterior dengan image yang lebih kuat dan tangguh, menggabungkan konsep desain Dynamic Shield yang stylish.

Meski jalan yang dilalui dalam perjalanan ini didominasi oleh jalan aspal, namun sesekali kami harus melewati jalan berbatu serta pasir dan New Triton juga membuktikan kenyamanannya saat melesat di sini. Kami menggunakan New Triton varian Ultimate AT, yang dibekali mesin diesel MIVEC 4N15, DOHC 16 katup empat silinder segaris, Direct Diesel Injection, Intercooler & Turbocharger. Mesin berkapasitas 2.442 cc itu mampu menghasilkan tenaga hingga 133 PS pada 3.500 rpm dengan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Dilengkapi dengan transmisi otomatis enam percepatan, New Triton bertipe Ultimate ini pun mengusung banyak fitur baru yang tidak ada di generasi sebelumnya. Dari jalan kota hingga ke jalur berbukit yang penuh dengan tikungan sempit dan tanjakan curam, New Triton dapat melintasinya dengan mudah.

Mendaki Bukit dengan Mudah

Dari Kuta Mandalika, New Triton kami arahkan ke Bukit Merese untuk merasakan kemampuannya di medan berbatu dengan tanjakan tajam. New Triton ini diuji kemampuannya dalam menanjak ke atas Bukit Merese ini, dan ternyata kemampuan New Triton ini tak perlu diragukan lagi. Anda bahkan tak perlu repot, cukup dengan transmisi di posisi D saja mobil dengan lancar merangkak naik di tanjakan curam. Jadi, tak perlu repot geser persneling ke mode manual untuk menurunkan gigi pun pikap ini tetap bisa diandalkan.

Fitur Hill Decent Control (HDC)

Begitu pun saat menuruni bukit yang kerap dijadikan lokasi obyek foto oleh wisatawan di Pulau Lombok ini. Anda bisa menguji kemampuan fitur Hill Decent Control (HDC). Sistem ini akan mengontrol katup untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan berbagai kondisi medan. Ketika menuruni bukit yang curam, cukup aktifkan fitur ini maka Anda sebagai pengemudi hanya perlu berkonsentrasi pada kemudi saja dan mobil akan menuruni bukit dengan perlahan.

Sebagai informasi jika New Triton juga mendapatkan penyempurnaan sistem 4WD untuk memberikan peningkatan performa lewat off-road mode untuk memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai kondisi medan serta peningkatan sistem keamanan. Pengoperasian off-road mode pada New Triton pun semakin mudah dengan “easy select switch” operation.

Perjalanan berikutnya tidak kalah menantang, yaitu dari Hotel Novotel Lombok menuju ke Bukit Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Rute ini merupakan jalur yang didominasi oleh jalan sempit dengan variasi tikungan tajam serta tanjakan dan turunan curam. Beruntung pasca gempa yang melanda Pulau Lombok beberapa waktu silam, jalanan menuju ke Sembalun sudah dilapis aspal baru.

Pengendalian New Triton ini juga cukup lincah dan mudah meski bodinya yang terbilang cukup panjang. Saat melibas jalur menuju Bukit Sembalun ini tidak terasa sedikitpun kendala akibat dimensi bodi ini. Semua tikungan tajam serta medan yang naik turun dapat dilibas New Triton dengan mudah dan nyaman. Anda pun tidak perlu repot untuk mengubah mode berkendara saat melalui jalur pegunungan dengan jalur aspal ini.

Jalur dari Bukit Sembalun yang dilanjutkan menuju ke Pantai Senggigi juga masih didominasi oleh jalan aspal dengan medan yang berbukit. Namun mendekati wilayah pantai, maka pemandangan laut lepas tersaji di sepanjang jalur menuju hotel tempat beristirahat.

Fitur Baru Melimpah

Penumpang di dalam kabin New Triton ini pun terasa nyaman karena di tipe tertinggi ini sudah dilengkapi dengan sistem hiburan layar sentuh yang canggih. Di dalam kabin pun cukup senyap, mesin diesel yang meraung tak terlalu mengganggu kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Fitur Forward Collision Mitigation System (FCM)

Mitsubishi Triton dilengkapi beberapa fitur canggih di antaranya, Forward Collision Mitigation System (FCM) – mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan. Setiap sistem FCM mendeteksi akan terjadi tabrakan dengan kendaraan di depan, mobil akan memberikan peringatan yang tertera di layar MID. Jika pengemudi tidak mengerem, maka mobil akan otomatis mengerem.

Kemudian, ada juga Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang. Juga dilengkapi Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) – memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot atau yang melaju cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonic dan radar.

Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Fitur lainnya adalah Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memonitor laju di belakang kendaraan dengan radar hingga Automatic High Beam – secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic.

Bahkan Mitsubishi menyamatkan fitur kamera Multi-around View Monitor untuk memudahkan parkir di area sempit, mengingat dimensi New Triton yang cukup panjang dan lebar. Sehingga untuk dipakai di area perkotaan pun mobil kabin ganda ini masih cukup nyaman.

Secara keseluruhan, berbagai fitur pada New Triton mendapat pembaharuan signifikan dari sisi durabilitas dan keandalan yang dibutuhkan oleh konsumen komersial namun tidak melupakan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Share and like us:
edywiretno13@mitsubishi-semarang.com
https://twitter.com/edyGOBLIN
Visit Us
Follow Me
YOUTUBE
YOUTUBE
INSTAGRAM