Fitur UMS & FCM: Meminimalisir Efek dari Kesalahan Menginjak Pedal oleh Pengemudi

12 Mar 2020
Dikarenakan beberapa kondisi, seperti konsentrasi menurun maupun belum lancar mengendarai mobil, beberapa pengemudi kerap kali salah menginjak pedal gas tanpa disengaja. Akibatnya tentu bisa membahayakan bagi sang pengemudi dan juga kendaraan lain di sekitarnya.
Seiring dengan perkembangan teknologi, Mitsubishi Motors juga menghadirkan fitur safety untuk meminimalisir efek dari kesalahan ini. Fitur ini bernama Ultra Mis-acceleration Mitigation System (UMS) dan Forward Collision Mitigation (FCM) yang sudah tersedia di Mitsubishi Pajero Sport, New Triton, Eclipse Cross, dan juga pada mobil ramah lingkungan Outlander PHEV.
Fitur UMS merupakan teknologi keselamatan berupa sensor radar terintegrasi yang secara otomatis mengirim sinyal jika ada hambatan yang terdeteksi, baik di depan atau belakang kendaraan. Fitur UMS ini memiliki empat sensor di depan dan 4 sensor di belakang. Jadi, jika sistem membaca pengendaranya salah injak pedal, maka sistem UMS ini secara otomatis akan membatalkan akselerasi. Output mesin juga akan secara otomatis dikontrol oleh UMS bila Anda secara tiba-tiba tanpa sadar menginjak pedal gas atau mempercepat kendaraan.

fitur-ums-2-mitsubishi

“Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya adalah seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja. Tapi kalau gasnya diinjak pelan-pelan, nggak berfungsi fitur itu. Jadi namanya Ultrasonic Mis-Acceleration, atau akselerasi yang tidak diharapkan baik maju maupun mundur bisa dicegah dengan fitur ini,” jelas Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha, Boediarto.

Sedikit berbeda, fitur Forward Collision Mitigation (FCM) membantu pengemudi yang lengah ketika di depan ada kendaraan namun pengemudi tidak mengurangi kecepatan atau menginjak rem. Dalam kondisi ini, FCM akan melakukan peringatan dengan sinyal suara. Lebih lanjut, apabila pengemudi masih tidak ada respon maka FCM akan memberikan sinyal suara ditambah pelambatan atau pengereman perlahan secara otomatis. Apabila pengemudi masih belum ada respon (dianggap tertidur) maka secara otomatis mobil akan melakukan pengereman.

Dengan adanya kedua fitur keamanan ini, kendaraan Mitsubishi diharapkan dapat meminimalisir efek dari kesalahan menginjak pedal oleh pengemudi yang dapat membahayakan pengemudi, penumpang, juga pengguna jalan lainnya.

Share and like us:
edywiretno13@mitsubishi-semarang.com
https://twitter.com/edyGOBLIN
Visit Us
Follow Me
YOUTUBE
YOUTUBE
INSTAGRAM